Game atau permainan
dalam bahasa Indonesianya bukan hanya untuk sekedar mencari hiburan saja, tapi
sudah merupakan suatu yang menjadi kebutuhan manusia sekarang ini, karena
banyak manfaat yang didapatkan apabila kita memainkan game. Perkembangan game
saat ini sangat pesat. Mungkin dulu kita belum mengenal video game, yang
dimainkan hanya permainan di dunia nyata seperti permainan tradisoanal. Tetapi
seiring berkembangnya teknologi, kini permainan bisa dilakukan dirumah sendiri
dengan video game dan bukan tidak mungkin untuk kedepannya bukan hanya video
game yang bisa di mainkan tapi virtual game seperti dalam film The Matrix, kita
yang masuk kedalam game itu dan bermain di dunia virtual.
Sebelum membahas
tentang perkembangan video game kita lihat dulu jenis - jenis video game
berdasarkan alat yang digunakan dan berdasarkan genrenya.Platform
atau alat yang digunakan untuk bermain game ada bermacam - macam yaitu
- Console games : yaitu alat untuk memainkan video game yang dihubungkan ke monitor biasanya monitor TV sebagai tampilan atau outputnya. jenis console game seperti nintendo wii, sega, playstation, x box dsb.
- PC games : video game yang dimainkan di Personal Computer atau Laptop.
- Mobile games : Game yang dimainkan di handphone atau PDA
- Hendheld games : Game yang dimainkan pada console portable (bisa dibawa kemana-mana) contohnya PSP, nintendo DS, dsb.
Berdasarkan Jenis
Genrenya atau cara memainkannya :
- RPG (Role Playing Game) : sebuah permainan yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Contohnya Final Fantasy, Ragnarok, dsb.
- RTS (Real TIme Strategy) : suatu permainan komputer yang memiliki ciri khas berupa permainan perang yang tiap pemainnya memiliki suatu negara, negara tersebut di kelola dalam hal pengumpulan sumberdaya (alam, manusia, ekonomi), pengaturan strategi pasukan-pasukan tempur, diplomasi dengan negara tetanga, peningkatan ekonomi, pengembangan keyakinan, pengembangan pendidikan dari negara primitif menuju peradaban modern. Contohnya : Age of Empire, Command n Conquer, Stronghold, Warcraft, dsb.
- FPS (First Person Shooter) : Jenis permainan dengan tampilan pada layar pemain adalah sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan.
- Action games : Permainan yang banyak adegan fisik atau kekerasan.
- Simulation games : Video games yang menggambarkan kehidupan seperti biasa. game ini banyak jenisnya seperti Life Simulation Games contohnya the sims dan ada juga yang mengendarai suatu kendaraan seperti flight simulator, trains simulator, bis simulator dsb.
Berikut adalah sejarah perkembangan
game yang pernah ada dan populer didunia:
Generasi Pertama
Tahun 1952
Generasi pertama game
diciptakan oleh A.S. Douglas, Ia menciptakan permainan grafis pertama, versi
Tic-Tac-Toe. Game tersebut diprogram pada komputer ‘EDSAC vaccuum-tube’.
Gambar 1. EDSAC Tic-Tac-Toe
Tahun 1958
William Higinbotham mendesain video game, “Tennis for
two”, dimainkan pada alat oscilloscope di Brookhaven National Laboratory, New
York.
Tahun 1961
Steve Russell
mendesain “Spacewar!” di mainframe komputer PDP-1 pada Massachusetts Institute
of Technology (MIT).
Tahun 1972
Maganavox’ Odyssey
yang didesain oleh Ralph Baer, menjadi game console pertama.
Nolan Bushnell dan Ted Dabney membuat Atari. Mereka
menyewa program Al Alcorn, yang proyek pertamanya adalah mendesin game arcade
“Pong”.
Tahun 1975
“Pong” menjadi produk
pertama game keluaran Atari. “Gunfight” keluar, game arcade pertama yang
menggunakan mikroprosesor.
Generasi Kedua
Tahun 1976
ahun 1976, Fairchild mencoba
menghidupkan kembali dunia video game dengan menciptakan VES (Video
Entertainment System). VES adalah mesin pertama yang disebut ”konsol”. Konsol
ini menggunakan kaset magnetik yang disebut cartridge. Nah, konsep ini kemudian
diikuti oleh beberapa produsen lain, termasuk Atari, Magnavox, dan RCA, ketiga
perusahaan tersebut juga merilis konsol serupa.
Gambar 2. VES (Video Entertainment System)
Tahun 1977
Atari mengeluarkan
“home video game system” (Atari Video Computer System/VCS), yang kemudian dikenal
sebagai Atari 2600. Harga: $249. Coleco mengeluarkan game console yang dapat
diprogram mereka, Telstar Arcade. Nintendo mengeluarkan video game rumahan
pertama mereka, “TV Game 6″. RCA mengeluarkan sistem video game rumahan RCA
Studio II. Video game tersebut mempunyai warna hitam dan putih.
Gambar 2. Atari 2600
Tahun 1980
Mattel melepas video game rumahan Intellivision setelah uji sistem pemasaran di California pada tahun sebelumnya. David Crane, Alan Miller, Bob Whitehead, dan Larry Kaplan mendirikan Activision, perusahaan pertama yang mengkhususkan diri dalam membuat game. Atari mengeluarkan game arcade “Battlezone”, game dengan perspektif 3D pertama. Namco mengeluarkan “Pac-Man”. APF mengeluarkan Imagination Machine, add-on komputer untuk video game rumahan APF MP-1000. Nintendo yang pertama mengeluarkan seri video game-handheld dengan nama Game & Watch.
Gambar 3. APF MP-1000
“Easter Egg” pertama untuk video game lahir. Warren Robinett memprogramnya
pada game berjudul “Adventure” dari mesin Atari 2600.Broderbund
berdiri.Mindscape berdiri.
Tahun 1982
GCE
mengeluarkan video game rumah portable pertama yang berbasis vector, Vectrex.
Harga: $200. Entex merilis video game rumah portable, AdventureVision. Coleco
merilis video game rumah, ColecoVision. Harga: $175. Atari merilis video game
rumah, Atari 5200 SuperS ystem.
Arcadia SuperCharger dirilis untuk Atari 2600, penambahan kekuatan grafis dan program kepada console. Arcadia kemudian mengubah namanya menjadi Starpath. Mattel mengeluarkan IntelliVoice, modul ekspansi untuk Intellivision. North American Phillips mengeluarkan “The Voice” modul tambahan untuk Odyssey2, modul ini membuat “system clear” dan “independent voice syntesis”.
Arcadia SuperCharger dirilis untuk Atari 2600, penambahan kekuatan grafis dan program kepada console. Arcadia kemudian mengubah namanya menjadi Starpath. Mattel mengeluarkan IntelliVoice, modul ekspansi untuk Intellivision. North American Phillips mengeluarkan “The Voice” modul tambahan untuk Odyssey2, modul ini membuat “system clear” dan “independent voice syntesis”.
Commodore
mengeluarkan komputer untuk rumah, Commodore 64. Emerson merilis video game
rumahan, Arcadia 2001. Amazin’ Software (yang kemudian berubah nama menjadi
Electronic Arts) didirikan oleh Trip Hawkins. Interplay Productions didirikan
oleh Brian Fargo. Sejak 1985 mereka hanya menggunakan nama Interplay.
Generasi
Ketiga
Tahun 1983
intendo mengeluarkan
video game rumahan, Famicom di Jepang. Infogrames berdiri.
Origin Systems yang terkenal dengan RPG-nya (role-playing games) “Ultima”, berdiri.
Sega Enterprises berdiri. Gagal dan kemudian dijual kepada Bally, yang kemudian hanya bertahan selama satu tahun Virgin Interactive berdiri.
Origin Systems yang terkenal dengan RPG-nya (role-playing games) “Ultima”, berdiri.
Sega Enterprises berdiri. Gagal dan kemudian dijual kepada Bally, yang kemudian hanya bertahan selama satu tahun Virgin Interactive berdiri.
Gambar 4. Nintendo
Tahun 1984
Pasar video game mengalami kelesuan, akibatnya lusinan
perusahaan dibidang games baik software maupun hardware tutup atau menghentikan
produksinya. Diantaranya adalah Apollo, US Games, Telesys, Data Age,
Spectravision, dan 20th Century Fox. Apple merilis komputer rumah Macintosh.
Kecepatan mesin kecil yang memiliki monitor hitam-putih ini adalah
7.83mhz.Harga: $2000. Atari merilis Atari ST, komputer rumah. IBM merilis IBM
PC AT, sebuah komputer rumah. Atari merilis game arcade “I, Robot”, game
pertama yang menerapkan “3D polygon” grafis. Accolade dibentuk oleh ex-Atari
dan Bob Whitehead serta Alan Miller dari Activision.Ocean terbentuk.Psygnosis
terbentuk.
Tahun 1985
intendo merilis video game rumahan, Nintendo
Entertainment System (NES) untuk menguji pasar di New York, NES menjadi
Famicom. Harga: $199. Microsoft merilis versi pertama Windows. Alex Pajitnov
mendesain PC game “Tetris”. CD-ROM pertama dikeluarkan untuk PC (Personal
Computer). Harga: $1295 .Datasoft didirikan. Titus didirikan. Westwood Studios
didirikan.
Tahun 1986
Sega merilis Sega
Master System. Harga: $199. Atari merilis Atari 7800. Merupakan sistem pertama
dengan feature “backwards-compatibility”, kompatibel dengan Atari 2600
catridge. Cosmi terbentuk.Spectrum Holobyte terbentuk. Ubi Soft terbentuk.
Gambar 6. Sega
Generasi Keempat
Tahun 1989
Nintendo
merilis game-handheld, Game Boy. Harga: $109. NEC merilis video game sistem Turbografx-16,
PC Engine versi Amerika Utara. Harga: $189. Sega merilis video game system Sega
Genesis. Harga: $249. Atari merilis game-handheld berwarna pertama Atari Lynx.
Harga: $149. NEC merilis versi yang ditingkatkan dari console PC Engine mereka
di Jepang, SuperGrafx. Hanya 5 judul game yang memanfaatkan video game ini dan
tidak pernah dijual secara komersial di luar Jepang.
Gambar 7. Game Boy
Tahun 1991
Commodore merilis video game rumahan berbasis CD,
CDTV. Harga: $999. Fujitsu merilis FM Towns Marty, console 32-bit pertama di
dunia. Nintendo merilis Super Nintendo. Harga: $199. Joe Santulli dan Kevin
Oleniacz mendirikan Digital Press, publikasi independent kolektor video game
berbagai sistem. Dua penerbit PC entertaintment utama, Cinemaware dan Epyx,
tutup.
Tahun 1993
Atari merilis sistem
64-bit pertama (hal ini masih diperdebatkan) untuk video game rumahan, Atari
Jaguar. Harga: $250. Commodore merilis Amiga CD32, 32-bit game console
berdasarkan komputer Amiga 1200. Harga: $399. Trip Hawkins dari 3DO merilis
video game rumahan berbasis CD, 3DO Multiplayer. Versi Panasonic berada pada
urutan teratas, diikuti Goldstar beberapa bulan kemudian. Harga: $699.
Generasi Kelima
Tahun 1994
The
Entertainment Software Ratings Board (ESRB) dibentuk oleh pemerintah Amerika
Serikat, untuk merating video games. Sega mengeluarkan Sega 32X modul ekspansi
untuk Sega Genesis, harga: $159. Sony mengeluarkan video game rumahan berbasis
CD, Sony PlayStation di Jepang.
Gambar 8. PlayStation
Tahun 1996
Nintendo merilis 64-bit video game rumahan, Nintendo
64. Ini adalah console terakhir yang menggunakan catridge (kaset). Bandai
merilis video game rumahan @World, lebih dikenal dengan Pippin. Harga: $499.
Tahun 1997
Tiger Electronics mengeluarkan video game handheld, game.com.
Tahun 1998
Sega mengeluarkan video game rumahan Sega Dreamcast di Jepang. Nintendo merilis video game handheld berwarna Game Boy Color. Sistem tersebut kompatibel dengan catridge dari Game Boy awal. World of Atari, yang pada tahun berikutnya dikenal sebagai “Classic Gaming Expo”, pertama kalinya diadakan di Las Vegas. Hasbro Interactive membeli Atari seharga $5 million.
Sega mengeluarkan video game rumahan Sega Dreamcast di Jepang. Nintendo merilis video game handheld berwarna Game Boy Color. Sistem tersebut kompatibel dengan catridge dari Game Boy awal. World of Atari, yang pada tahun berikutnya dikenal sebagai “Classic Gaming Expo”, pertama kalinya diadakan di Las Vegas. Hasbro Interactive membeli Atari seharga $5 million.
Tahun 1999
Sega merilis
Sega Dreamcast di USA tanggal 9/9/1999. Harga: $199. SNK merilis video game
handheld berwarna Neo-Geo Pocket.
Gambar 8. Sega Dreamcast
Generasi Enam
Tahun 2000
Sony mengeluarkan video game rumahan, PlayStation 2. Harga: $299.
Tahun 2001
Microsoft merilis
video game rumahan pertama mereka, Xbox. Harga: $299. Nintendo merilis video
game rumahan GameCube. Harga: $199. Nintendo video game handheld Game Boy
Advance.
Gambar 9. Xbox
Sumber:
http://bhe-tha.blogspot.com/2010/02/jenis-jenis-dan-perkembangan-teknologi.html , http://rafiqamalyah.blogspot.com/2013/05/sejarah-perkembangan-teknologi-game.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar